Login to your account

Username
Password
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name
Username
Password
Verify password
Email
Verify email

PUPUK

Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Selayang Pandang Desa Wisata Sukalaksana

Written by 

Daerah Garut sangat kaya dengan potensi Wisata Alamnya. Di antaranya adalah Gunung Berapi dan Mata Air Panas, hamparan sawah dan perkebunan teh yang indah. Guna menunjang kekayaan wisata alam, beragamnya sarana akomodasi hotel dan restoran yang bagus mampu menambah daya tarik wisatawan. Sekarang di berbagai daerah banyak dikembangkan Desa-desa Wisata, salah satu diantaranya adalah Desa Wisata Sukalaksana.

Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, benar-benar mencerminkan suasana pedesaan yang masih asri, natural, hijau, kaya akan air dan lahan pertanian.  Karena keunikan serta keistimewaan yang dimiliki desa ini, warga desa yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Garut ini memproklamirkan diri menjadi desa wisata yang merupakan desa wisata pertama di Kabupaten Garut. Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di desa wisata ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang masih asli.
Sebagai desa wisata memiliki berbagai fasilitas sebagai penunjang bagi wisatawan. Berbagai fasilitas ini, akan memudahkan para pengunjung desa wisata dalam melakukan kegiatan wisata. “Desa wisata ini juga menyediakan sarana penginapan berupa pondok wisata di atas kolam (home stay) yaitu Saung Wisata Ciburial sehingga para pengunjung pun turut merasakan suasana pedesaan yang masih asli.” Menurut Kades Sukalaksana, Drs. Oban Sobana. Di sekitar saung ini, para wisatawan akan dimanjakan dengan suasana pedesaan yang asri sekaligus suguhan pemandangan yang sangat indah. Pembentukan desa wisata ini merupakan gagasan warga desa tersebut. Tujuannya, tiada lain untuk meningkatkan dan memberdayakan potensi serta kegiatan perekonomian masyarakatnya.
Dana dan lahan yang disediakan untuk membentuk desa wisata ini juga berasal dari swadaya masyarakat. Pengelolanya masyarakat dan hasilnya juga untuk masyarakat. Para wisatawan selain diajarkan cara bercocok tanam, juga akan diajak berkeliling kampung menyaksikan tradisi dan budaya masyarakat setempat. Selain itu pengunjung juga akan diajari cara membuat kerajinan akar wangi, tas lipat, dan kerajinan berbahan baku besi. Bagi yang ingin ngurek (memancing belut) dan bermain dengan ikan juga bisa. Pihak Chevron Geothermal Indonesia, Ltd bersama PUPUK Bandung telah melakukan pelatihan kepariwisataan kepada warganya agar dapat menempatkan diri sebagai pelaku wisata. Hingga saat ini proses pengembangan atraksi wisata masih terus dilakukan yang semuanya bertujuan untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Sukalaksana.

Read 1222 times